Taman Nasional Ujung Kulon

Saatnya nge-trip! Yuhuuuu! Hihi. Setelah pulang dari trip panjang Lawu-Ijen-Baluran, akhirnya nge-trip lagi. Hehe. Melepaskan penat dari banyaknya tanggung jawab di klinik. J
H-1, Om Reno fix mengajak saya ke Ujung Kulon alias UK. Saya yang di weekend memang tidak pernah ada kerjaan, langsung men-iyakan ajakannya. Yei!

Pukul 20.00 malam saya sudah berada di Halte Busway Cawang. Namun, sampai jam 21.30 barulah bus mulai jalan karena menunggu peserta yang akan dijemput di Halte Komdak –di halte tsb kendaraan tak boleh berhenti lama. Kemudian lanjut menjemput peserta di Tol Karang Tengah.

Pukul 04.00, kita sudah berada di Dermaga Sumur untuk beristirahat dan sarapan. Pukul 08.00, kita mulai menyeberang ke Pulau Peucang. Hari itu sedang ramai-ramainya trip ke UK sehingga kita harus menunggu antrian perahu yang akan menyeberangi kita menuju kapal yang akan digunakan. Pukul 10.00, sampailah kita di Pulau Peucang. Pantainya bening. Sebening wajahnya Nikita Willy :D

Pulau Peucang

Kita bersiap-siap trekking ke Karang Copong. Trekking tsb memakan waktu 2 jam. Tidak terlalu banyak hewan yang bisa kita temukan di sana. Hanya beberapa rusa. Namun, pemandangan di Karang Copong lumayan oke. Rasanya pengen terjun melihat air sejernih itu dari ketinggian. :D Berhati-hatilah ketika berada di Pulau Peucang karena di sana banyak berkeliaran monyet nakal yang akan tiba-tiba mengambil makanan kalian. Saya jadi korbannya -..- Ketika lagi memegang roti, monyet datang dari belakang dan menyergap roti tsb. Bikin jantung deg-degan. Di Pulau ini, juga banyak babi hutan berkeliaran. Jadi kalo mau bertenda di sini, berhati-hatilah dengan keberadaan dua makhluk tsb.

Selesai makan siang, kita lanjut trekking ke Cidaon. Berbeda dengan trek yang tadi, di Cidaon hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk mencapai savana. Kemudian, kita lanjut snorkling di Citerjun. Menurut saya, tempat ini kurang oke untuk snorkling karena sudah banyak terumbu karang yang mati L Sepertinya mas-nya tidak berhenti di spot yang pas untuk snorkling. Dan tibalah waktunya beristirahat menuju Pulau Handeleum.
Pulau Handeleum

Tadaaa! Waktunya makan malam. Asik, ada ikan bakar gede banget. Dan parahnya, Dimas ambil satu ekor! Haha. Padahal satu ikan itu bisa dibagi 3-4 orang. Biarlah :p makanannya memang bersisa banyak. Selesai makan, kita dihampiri oleh dua rusa. Iseng-iseng si Dimas memberikannya makanan sisa kita. Dan mereka mau. Ruru dan Sasa –nama dari Dimas untuk kedua rusa tsb- akhirnya akrab dengan peserta UK lainnya. Bahkan ada yang sampai ngajakin foto bareng *loh, berasa artis ini rusa*. Malam itu, kita dikagetkan dengan kehadiran bintang-bintang yang sungguh luar biasa cantiknya. Wow. Tidak disangka ternyata UK memiliki bintang-bintang yang banyak. Namun, kata Dimas di Karimun jawa bintangnya lebih banyak lagi. Hmm, jadi penasaran.

Akhirnya malam itu, kita berbaringan di dermaga sambil menatap indahnya langit hingga tertidur tanpa menghiraukan Om Reno yang sedang sakit *eh, becanda ding*. Menjelang jam 11 malam, kita bangun dan kembali ke kamar.

Paginya, kita berencana berkanu di Sungai Cigenter. Katanya, kalo pagi banget ke sana, kita akan beruntung bertemu dengak badak bercula yang sedang turun ke sungai. Namun, saat itu kita tidak beruntung untuk bertemu mereka, ditambah lagi kita berangkat sekitar pukul 09.00. namun, kita sempat melihat jejak badak tsb ketika turun ke Sungai. Hihi. Lumayanlah, pelipur lara :p

Kemudian kita lanjut snorkling di Hoar. Di sini, spot snorklingnya lebih bagus dibanding yang kemarin. Awalnya, kita akan snorkling di dua tempat, namun karena mengejar waktu, selesai snorkling kita kembali ke Dermaga Sumur untuk bersih-bersih dan siap-siap kembali ke Jakarta. Terima kasih @DKKtravel, kalian luar biasa! :D

DKK travel

Yang mau tahu itinerary nya :
Itinerary Wisata
Hari ke 1
21.00 - 05.00 : Penjemputan Peserta – Halte Komdak - Perjalanan Menuju Sumur.
Hari ke 2
07.30 - 09.30 : Berkanu di Sungai Cigenter
10.00 - 11.30 : Packing Barang Persiapan Pulang
11.30 - 12.30 : Makan Siang di Dermaga Handeleum
12.30 - 15.30 : Kembali ke Sumur ( Snorkling Pulau Badul & Hoar )
15.30 - 16.30 : Tiba Di Sumur Cofee and Tea Break,Bersih-bersih
16.30 - 23.00 : Kembali Kejakarta
Note Itinerary dapat berubah sewaktu-waktu dalam kondisi tertentu dan keadaan Cuaca buruk
Destination Spot :
1. Pulau Peucang
2. Padang savana Cidaon
3. Karang Copong
4. Pulau Handeleum
5. Sungai Cigenter
6. Snorkling : Citerjun, Pulau Badul, Pulau Hoar
Packet Trip Include:
01. Transportasi Mini Bus AC pariwisata (Start From Jakarta)
02. Kapal 2 Hari
03. Penginapan Pulau Handeleum (sharing Room cowo dan cewe dipisah)
04. Makan 5 Kali ( 2X Sarapan pagi, 2X Makan Siang, 1X Makan Malam)
05. 1 X Barbeque Ikan Segar.
06. Sewa Kanu - Berkanu di sungai cigenter
13. Sunblock
Cost Trip Exclude :
Sewa Snorkels
Untuk Penyewaan Snorkels mohon Konfirmasi sebelumnya.