Kepulauan Seribu : Pulau Sepa

Pulau Sepa adalah salah satu bagian dari Kepulauan Seribu bagian Utara. Pulau Sepa memiliki pantai berpasir putih nan indah. Pulau ini sangat cocok untuk ‘melarikan diri’ dari hiruk piruknya kota Jakarta.

Kamis pagi kita berangkat dari Marina pukul 07.30 WIB. Kita sampai di Pulau Sepa sekitar pukul 09.00 WIB. Di sana, kita disambut dengan pantai putih bersih serta suasana yang tenang sambil menikmati welcome drink. Setelah berganti baju, kita menuju spot snorkling di dekat Pulau Perak menggunakan kapal kecil. Perjalanannya tidak begitu lama, hanya memakan waktu setengah jam. Pada spot ini, terdapat banyak sekali ikan kecil yang lucu ^^. Sampai ada salah satu peserta segitu gemesnya pengen nangkap ikan tapi ga dapat-dapat :D Bersama guide-nya, kita akan diajak ke suatu titik yang ikannya banyaak banget sambil dipancing dengan roti. Pada spot tsb, kita berdiri diatas karang dan tangan kita akan dikerubungi oleh ikan-ikan yang memakan roti di tangan kita. Hihi. Geli-geli ngegemesin. :D Tapi hati-hati dengan bulu babinya, ya :)

Setelah puas bermain bersama ikan-ikan, kita kembali ke pulau untuk makan siang sambil disuguhi live music. Sorenya, kita kembali snorkling. Kali ini kita snorkling di Pulau Dolphin alias Pulau Lumba-lumba. Beda dengan spot sebelumnya, pada spot kali ini kita disuguhi oleh terumbu karang yang begitu banyak dan berhamparan di sekitar pulau. Awalnya, kita disuruh bagi menjadi tiga kelompok kemudian salah satu peserta dipegang tangannya oleh guide dan kemudian peserta yang lain memegang tangan temannya sampai berjejer 5 orang mengapung di laut.  Kemudian kita ditarik oleh guidenya mengelilingi sebagian pulau untuk melihat terumbu karang. Luar biasa. Ternyata ada spot snorkling yang bagus di pulau seribu. ^^

Sambil menuju pulang, kita mampir sebentar di Pulau Pasir untuk berfoto ria. Seperti namanya, di Pulau ini hanya ada pasir dan satu bangunan rumah yang tidak terpakai. Malam hari, setelah mandi, kita bersantap makan malam sambil karaoke. :3 Malam itu, pulau serasa milik kita. Hanya ada rombongan kita dan 2 pria –yang kita curigai sebagai pasangan gay di pulau tsb. Setelah itu, kita berlanjut ke tepi pantai untuk bermain api unggun. Kemudian , malam pun mengantarkan kita kepada tidur. :p

Mancing
Esok pagi, beberapa peserta terbagi menjadi beberapa kelompok, ada yang ingin mancing, main banana boat dan canoe. Saya memilih untuk menemani peserta (baca: Bapak-bapak) untuk memancing. Tidak terlalu jauh dari spot snorkling pertama, kapal berhenti di tengah laut dan kita mulai memancing. Awalnya, saya pikir kita akan memancing menggunakan alat pancing. Namun, ternyata kita hanya menggunakan kail yang diikatkan pemberat kemudian dilempar hingga dasar laut. Tidak sampai satu jam, kita berhasil menangkap satu ember kecil berisi ikan-ikan kecil ^^ Ternyata memancing ikan-ikan kecil ini sangat menyenangkan, lho. Nasib ikan tsb akhirnya selesai di penggorengan dan lenyap ke dalam perut >,< Info dari guide, ikan-ikan besar akan banyak ketika bulan Desember. Jadi, mungkin yang hobi mancing, bisa datang ke pulau seribu di bulan Desember ini untuk menangkap ikan. Kalo beruntung, mungkin bisa nangkap jodoh juga. :D

Selesai santap siang dan check out, kita kembali ke Pelabuhan Marina. Hallo Jakarta, See u again, beach! ^^

Review dari saya untuk pulau ini :
(+) pulau ini bersih dan tenang, kecuali ketika live music
(+) beragam water sport ada di sini
(+) guide ramah
(+) makanannya enak
(+) homestay-nya bagus (ac, tv, kamar mandi, 2person/room)
(+) spot snorkling bagus

(-) air di kamar mandi payau, tidak ada air tawar
(-) mehong cyin.
Pulau Sepa
Fish Everywhere :)
Pulau Pasir
Pulau ini biasanya digunakan untuk acara kantor, makanya dibuat senyaman mungkin oleh penyewanya, Pak Paleo. Jadi, jangan berharap bisa kemping di pulau ini karena pulau ini sudah dibuat sedemikian rupa untuk resort :)