Manfaat Traveling Bareng EO



Beberapa dari kita terkadang malas nge-trip pake EO dengan alasan mahal ataupun acara jadi tidak bebas karena harus mengikuti jadwal. Tapi dibalik itu semua, banyak juga kok manfaatnya. Nih, beberapa keuntungan yang saya dapatin selama nge-trip bareng EO :
1.       Gak ribet. Jelaskan ? Perjalanan kita sudah diatur, jadi hanya tinggal duduk manis di hari H. Kita ga perlu heboh ngumpulin massa, ga perlu ribet kontak orang di tujuan wisata, ga perlu pusing bikin itenerari dan yang pasti ga kesel kalo tiba-tiba ada teman yang cancel dan mesti cari penggantinya. Jadi saya terhindar dari beberapa masalah yang bikin sakit hati hihi, terutama kalo teman mendadak cancel ^.^
2.       Ketemu jodoh. Eh teman baru. Yang namanya ngetrip bareng EO, pastilah kita ketemu dengan teman baru yang satu hobi. Sama-sama suka jalan. Dan kalau beruntung, bisa saja dia adalah jodohmu. Benar kan ? Kata orang-orang, teman yang seru diajak traveling bareng pastilah seru untuk diajak menua bersama. :D Jika kamu telah jomblo bertahun tahun hingga berabad-abad, bisa jadi nge-trip bareng EO menjadi jawaban atas pertanyaanmu selama ini :p Tapi ingat, jangan berekspektasi berlebih. Tidak semua orang beruntung bisa bertemu jodoh ketika nge-trip~
3.       Terhindar dari bayar ‘berlebih’. Biasanya ini terjadi kalo ngetrip bareng pacal :3 bayarin ini itu (baca : makanan, penginapan, transportasi). Mungkin kalo cuma makan doang sih ga masalah. Tapi kalo pacarnya gatau diri untuk patungan gimana ? Biaya melunjak kan ? nah, inilah kenapa sebaiknya kamu dan pacar kamu untuk ngetrip bareng EO. Biar dia tahu kalo traveling itu tak semurah yang dibayangkan. ^.^ Minimal pengeluaran kamu juga berkurang untuk bayarin dia penginapan dan transportasi. Hihi. Tapi kalo pacar kamu tau diri, ya bagus :p Kejadian ini ga hanya sama pacar aja, dengan teman juga bisa saja terjadi.
4.       Masalah kecelakaan. Yang namanya kecelakaan, tentulah tidak bisa kita hindari lagi. Namun, kejadian pasca kecelakaan itu yang jadi menyebalkan. Berangkat dari pengalaman sebelumnya, kita menyewa mobil ke Ujung Genteng. Namun mobil tsb kecelakaan dan kita harus mengeluarkan uang yang cukup besar jumlahnya. Nah, berawal dari sinilah saya tidak pernah lagi ingin menyewa mobil. Saya memilih untuk menggunakan EO dibanding harus share cost menyewa mobil.

Beberapa EO trip yang pernah saya coba yaitu @BackpackerStore , @RekreasiTrip dan satu lagi EO ke Sawarna, namun saya lupa nama EO nya.

@BackpackerStore
Ketika nge-trip bersama @backpackerstore (singkat saja namanya BPS) –yang punya BPS ini Om Dedi namanya, untuk pertama kalinya saya pergi hiking ke gunung. Dan ini bukan gunung sembarangan, Gunung Semeru. Padahal tujuannya sudah bagus, namun sayang sekali banyak keterlambatan di acara ini dan beberapa tidak sesuai itenerari. Saya sih tidak terlalu mempermasalahkan itu, toh akhirnya saya tetap enjoy dengan kelompok hiking saya, Grup Unyu ^.^ Dan dari sini akhirnya saya bertemu teman-teman yang suka mendaki hingga akhirnya saya sekarang sering mendaki bareng mereka.
EO ini saya kenal dari Qisty, tetangga dari kecil. Dia pengen banget ke Semeru dan akhirnya ia menemukan EO ini dari twitter. :D

@RekreasiTrip
Yang punya EO ini awalnya hanya sekedar teman, Ramdan namanya. Big Bossnya Reno :p Tapi setelah ikut trip dia ke Baduy, kita mulai dekat. Kadang Ramdan suka curhat tentang xxxx dan saya suka curhat tentang yyyy *abaikan –mari fokus kembali* mereka suka bikin trip yang deket dari ibukota, misal ke Baduy, Krakatau, Pahawang, Pulau Perak, Goa Buniayu, Rafting Ciberang dan paling jauh ke Karimun Jawa. Beberapa kali saya ikutan trip ini karena saya kenal dekat dengan EO nya ^.^ Salah satu alasan kenapa saya suka EO ini karena mereka on time –yang ga on time malah saya. Satu yang pasti, mereka tidak akan bikin trip ke gunung. Kenapa ? Ramdan ga tahan dingin dan Om Reno ga tahan trekking panjang –di Baduy menuju Baduy dalam saja dia sudah nyerah :p Mau kenal jauh sama Ramdan ? ini blognya : ramdanduchiha.blogspot.com –dia jomblo, by the way *uhuk. Kalo om reno, jangan dideketin lagi, jelek-jelek gitu dia udah laku loh. Udah punya 2 anak lagi :D

EO Sawarna
EO ke Sawarna ini, dia menyerahkan semua perjalanan ke guide di Sawarna, jadi kita tidak tahu menahu tentang dia. Overall sih bagus, sesuai schedule. Guide yang dipilih juga oke dan ramah. Rekomended juga. Sayang, saya lupa EO nya. ^.^

Itu beberapa manfaat yang bisa kalian dapat kalo ingin menggunakan EO trip dan beberapa EO trip yang saya kenal. Beberapa bisa kalian liat di backpackerindonesia.com dan lihat apakah EO tsb rekomended atau penipu. Hati-hati.
Tapi tidak masalah bila kalian ingin bikin trip sendiri. Toh, kita juga butuh waktu bersama teman-teman dekat untuk bersenang-senang, kan ? Selalu ada plus minus dalam setiap pilihan. Untuk hiking, saya juga memilih untuk share cost bersama teman-teman dekat saya dibanding bila menggunakan EO.
Enjoy your journey!

No comments:

Post a Comment